Rombongan Seni Akademi Arjuna Kusuma Menawan Perhatian Peserta Lisan X

atl

Rombongan kesenian Akademi Arjuna Kusuma dari negeri Klentan Malaysia memberi suasana meriah dalam Seminar Internasional dan Festival Tradisi Lisan Nusantara (LISAN) X di Mataram Lombok. Rombongan seni yang terdiri   atas 20 orang ini hadir atas undangan Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) dan panitia pelaksana di Mataram.

Dalam acara LISAN X Arjuna Kusuma tampil dua kali, yang pertama pada malam ramah tamah dengan Walikota Mataram dan yang kedua pada malam festival.  Kelompok yang berdiri sejak tahun 2000 ini membawakan lagu-lagu khas bernuansa Melayu-Islam. Lagu-lagu tersebut sesungguhnya adalah nyanyian klalasik dalam khasanak kebudayaan Melayu yang oleh kelompok ini diransemen ulang dengan pendekatan gaya musik kekinian yang lebih dinamik, penuh semangat, dan koreograf yang menarik. Sehingga pertunjukan mereka tampak menarik, agresif dan kreatif, dengan penguasaan ilmu komunikasi yang baik.

Muhammad Sulhi sebagai pimpinan kelompok ini mengakui pada awalnya ia membangun grupnya ini dengan sebuah cita-cita untuk melestarikan dan mewariskan budaya Malaysia kepada anak-anak muda di negerinya.

Mulanya grup ini hanya terdiri hanya belasan anak muda usia (20-35 tahun) hanya berjumlah 20 orang saja. Namun setelah berusia 17 tahun Akademi Arjuna Kusuma sudah memiliki 85 orang anggota yang terbagi dalam 4 grup. Keempat kelompok ini pun terbagi dalam tingkatan yang berbeda; dari tingkat amatir yang berpentas di pesta dan hajatan masyarakat sampai ketingkat senior yang berpentas keluar negeri.

Pada awalnya markas besar kelompok ini berada di Tanah Merah, Kelantan, Malaysia. Namun sekarang sudah ada pula di Slangor.

Lebih lanjut Sulhi menjelaskan bahwa dengan menggunakan kata Akademi pada grup ini tujuannya adalah supaya peserta latih dan anggota grup ini menjadikan wadah ini sebagai tempat belajar, khususnya masalah kebudayaan dan seni.

Sementara kara Arjuna Kusuma memberikan arti lelaki kesatria dan pemberani dapat memikat hari para penontonnya. Itulah sebabnya maka kelompok ini beranggotakan pemuda-pemuda tampan dari berbagai kalangan. Mereka antara lain ada yang berprofesi sebagai dosen, guru, negawai negeri, maupun pengusaha dan pengusaha  muda.

Kelompok Arjuna Kusuma ini selain berpentas di dalam negeri juga telah berpentas keluar negeri seperti ke Singapura, China (Beijing dan Guansao, Khasastan, dan Thailand. Mereka pun  telah meraih berbagai prestasi di dalam dan di luar negeri.

Selain sebagai pemimpin kelompok Muhammad Sulhi juga bertindak sebagai pelatih nyanyi dan koreografi dan dibantu oleh 8 prang juru latih sebagai asistennya. Sehingga meskipun Sulhi tidak berada di Malaysia anggota kelompok masih bisa latihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *